#1 Responsive Web Design Fundamental

ini merupkan rangkain kelas google, untuk mengetahui secara lengkap dan mandiri materi Responsive Web Design Fundamental bisa klik pada link ini, (jangan lupa login dulu ke Udacity, kalau belum punya liat tutorial ini.

link belajar Responsive Web Design Fundamental :
https://www.udacity.com/course/responsive-web-design-fundamentals–ud893

OKey mari kita belajar

mari simak video ini terlebih dahulu, course 1 Site On Mobile

Pada video diatas Pete Lepage (Pengembang Google) dan Cameron Pittman (Pengembang Udacity) menjelaskan mengenai kelas yang kita ambil akan membahas cara dasar membangun suatu web aplikasi yang responsif, dengan tampilan yang keren pada semua jenis perangkat.

Cameron : “Pete, Apa yang dilakukan Google News agar tampilannya terlihat bagus di semua perangkat?

Pete : “itu pertanyaan yang bagus Cam, Google News memiliki strategi yang berbeda yakni full responsive pada tablet dan pada dekstop memiliki layout yang responsif. Google news dapat terlihat baik walau dalam ukuran layar yang kecil. Google menbangun itu terlihat seperti kompleks dan sangat menarik.

lanjut ke Course 2, Quiz

Pada video diatas, kita akan memasuki sesi Quiz, dimana kita akan diminta untuk menuliskan url website yang menurut kita responsif di semua perangkat. Coba sebutkan pada kotak dialog. seperti ini:

2018-09-13-131704_1366x768_scrot

Lalu kita akan dibawa ke video selanjutnya, Cameron menyebutkan contoh web yang responsif yaitu https://alistapart.com/,

Pada video di atas, Cameron menjelaskan bahwa situs https://alistapart.com/ akan terlihat responsif jika kita mengecilkan dimensi pada borwser kita, seperti ini :

image40

Course 3 : Intro to Project

Pada course 3

Pada course ini, Cameron memperlihat situs yang tidak responisp, yakni di http://udacity.github.io/RWDF-samples/Lesson2/Project/Start/index.html. Situs ini tidak bisa menyesuaikan di perangkat tertentu, pengguna harus melakukan zooming dan geser untuk melihat keseluruhan informasi website. Cameron mengatakan Responsive Web Disign bukan lah sains tapi merupakan sebuh seni. Jadi kita bisa memikirkan bagiamana website kita terlihat bagus, mempunyai seni yang indah, seperti website Pribadi Cameron yang beralamat di cameronwp.com

image66

Course 4 : Pan, Zoom, Toucj, Ick

Pada video singkat ini, Cameron berkeluh kesah pada Pete tentang pesatnya produksi dan penjulan smartphone. Banyak smartphone dengan berbagai speksifikasi, dan  layar berbeda, hal ini membuat Cameron khawatir jika membuat Website atau Aplikasi. Namun Pete mengatakan agar Cameron tidak perlu khawatir, kita akan belajar membuat web / aplikasi yang dapat berjalan di berbagai perangkat. Karena pesatnya industri pernakgat mobile kita harus konsen pada pasar ini, jika tidak kita akan kehilangan pelanggan.

Course 5 Emulator, Simulator, and Real Devices.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *