Definisi Katalog yang terlupakan

Halo, kamu pernah ga denger ngapain siih nyetak katalog kartu pos di perpustakaan? Apa ga ribet dicetak terus dimaskin ke laci laci almari? Pernah?

Nah dari situ saya berfikir , ada yang terlupakan dari seorang pustakawan ketika bertanya seperti itu. Sekarang kita cari tau dulu ya definisi katalog. Katalog menurut mu itu apa? Seperti apa bentuknya?

Katalog berasal dari bahasa Indonesia berasal dari kata Catalog dalam bahasa Belanda, serta Catalogue dari bahasa Inggris. Istilah katalog itu sendiri berasal dari frase Yunani Katalogos. Kata bermakna sarana atau menurut, sedangkan logos memiliki berbagai arti seperti kata, susunan, alasan dan nalar. Jadi katalog dari segi kata bermakna sebuah karya dengan isinya disusun menuruit cara yang masuk akal. Menurut sebuah simpanan rencana atau hanya berdasarkan kata demi kata.(strout 1957)

Beberapa definisi katalog menurut ilmu perpustakaan dapat disebutkan sebagai berikut :

  • Katalog berarti daftar berbagai jenis koleksi perpustakaan yang disusun menurut sistem tertentu.(Fathmi, 2004)
  • A catalogue is a list of, an index to, a collection of books and/or other materials. It enables the user to discover : what material is present in the collection, where this material may be found. (Hunter)
  • suatu daftar yang sistematis dari buku dan bahan-bahan lain dalam suatu perpustakaan ,dengan informasi deskriptif mengenai pengarang, judul, penerbit, tahun terbit, bentuk fisik, subjek, ciri khas bahan dan tempatnya. (Gates)
  • katalog perpustakaan adalah daftar buku atau koleksi pustaka dalam suatu perpustakaan atau dalam suatu koleksi. (Sulistyo Basuki, 1991)
  • Katalog perpustakaan merupakan suatu rekaman atau daftar bahan pustaka yang dimiliki oleh suatu perpustakaan atau beberapa perpustakaan yang disusun menurut aturan dan sistem tertentu. (Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan, 2003)

Nah dari  situ saya berdapat katalog adalah daftar koleksi perpustakaan yang dikumpulkan untuk informasi pengguna. Simpel nya seperti itu.

Yang saya perhatikan sii ya, banyak temen temen saya (pustakawan) katalog perpustakaan bentuknya kotal (seukuran kartu pos) lalu dimasukkan ke dalam laci laci almari, terus disusun alfabetis. Hello !!?? itu ribet kan?

Screenshot at 2018-07-08 02:54:31

Tapi ada benernya juga kalo pemustaka datang ke perpustakaan dan ga tau mau cari apa. Okelah ada komputer da OPAC, tp ga semua friendly dngan komputer.

Nah sekarang, kita bermain desain, kamu pernah ga bikin ato ngebayangin model model katalog perpustakaan yang revolusioner? Bikin katalog ga harus semua muanya  berisi koleksi kita koq. Kita bisa bikin katalog yang isinya koleksi tertentu. Misal katalog yang isi nya koleksi kita yang terbit dari tahun 1900-1950, atau katalog koleksi khusus bertemakan “Soekarno”, jadi buku buku yang menyangkut soekarno. Ato yang islami, katalog koleksi seri anak sholeh.

Jadi ga semua muanya koleksi kita di katalog-in. Kalo mau semua ya boleh, tapi saya rasa bakal tebel banget.

Sekali kali kita bisa membuat catalog seperti ini ya..

thei-catalog

4610980082

catlogsaleskit210_50481_cnwnw_interior9

bookcatalog

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *